Menu
27 Juli 2017

Kelebihan dan Kekurangan Saat Mengecat Menggunakan Kuas

Sebagian dari masyarakat masih menggunakan alat bantu kuas dalam mengecat tembok rumah. Dari segi harga, kuas memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan roll. Namun penggunaan kuas dalam mengecat memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, seperti berikut :

  1. Dari Segi Penggunaan.

Dengan menggunakan kuas saat mengecat, bahan cat yang digunakan menjadi lebih hemat dan efisien.

  1. Dari Segi Hasil Akhir.

Kuas biasa memberikan hasil yang halus. Akan tetapi, bila dilihat dari dekat akan terlihat motif garis tipis yang terbentuk dari jejak kuas. Teknik pengecatan juga cukup mempengaruhi hasil akhir jika menggunakan kuas.

  1. Dari Segi Jangkauan.

Kuas dapat menjangkau sudut-sudut ruangan karena ukurannya yang kecil, sehingga hasilnya lebih rata.

  1. Dari Segi Cipratan yang Dihasilkan.

Saat menggunakan kuas, dampak cipratan ke bidang lain menjadi lebih sedikit.

  1. Dari Segi Waktu Pengecatan.

Salah satu kekurangan saat memutuskan untuk lebih memilih kuas dibandingan roll adalah, proses pengecatan akan memakan waktu yang cukup lama dikarenakan kuas tidak mampu menyerap bahan cat yang cukup banyak.

Melalui perbandingan diatas, bisa kita simpulkan bahwa kuas lebih unggul dalam hal penggunaan cat yang lebih efisien, jangkauan, hasil akhir, dan sedikit cipratan yang dihasilkan. Namun ada kekurangan yang cukup terasa, yaitu proses pengecatan memakan waktu lama.

Alangkah baiknya penggunaan kuas juga diimbangi dengan penggunaan roll dalam suatu proyek, roll dapat digunakan pada bidang yang luas agar lebih hemat waktu, dan kuas digunakan untuk mengisi sudut-sudut ruangan.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan saat mengecat menggunakan kuas, semoga dapat menambah wawasan kita dalam menentukan alat bantu pengecatan.

Photo credit : www.webproxp.com


Pencarian Blog

Postingan Baru

Tags : Toko Cat Terlengkap, Toko Cat Online, Toko Cat Duco, Toko Cat Genteng, Toko Cat Gypsum, Toko Cat Kayu Besi, Toko Cat Tembok, Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan.